menu melayang

Kamis, 02 Februari 2023

7 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

7 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Libur semester telah tiba. Banyak hal yang bisa dilakukan Milens untuk mengisi waktu libur. Salah satunya dengan mendaki gunung. Bagi Milens yang sudah tergiur dengan rumor cantiknya alam di atas sana, pasti sudah terbesit perencanaan mendaki.

1. Persiapan fisik dan mental


Sebelum mendaki, persiapan fisik sangatlah perlu Milens. Salah satunya dengan berolahraga ringan. Ini bukan tanpa tujuan lho, tapi supaya badan kita tetap bugar ketika mendaki. Selain fisik, persiapan mental sebagai seorang pegiat alam juga sangatlah diperlukan. Kita harus punya mental yang kuat dan tangguh untuk melakukan suatu pendakian di gunung, karena mendaki di gunung tidak sama dengan mendaki jalan di kampus lho Milens.

2. Mencari tahu informasi tempat yang akan dituju


Sebelum memutuskan untuk berangkat mendaki, terlebih dahulu kita harus memilih gunungnya, Milens. Kemudian kita harus mencari tahu seputar gunung tersebut, tentang ketinggian puncak, suhu, track, letak mata air, serta lama perjalanan.

3. Tentukan waktu yang tepat untuk mendaki


Kita harus cerdik menentukan waktu pendakian, Milens. Jangan sampai menentukan waktu pendakian saat cuaca yang tidak tepat, seperti saat curah hujan yang tinggi dan perubahan suhu yang ekstrim.

4. Persiapan perlengkapan


Sebelum mempersiapkan perlengkapan, kita perlu membuat list dulu Milens, yaitu daftar apa saja yang kita butuhkan ketika melakukan perjalanan. Barang yang wajib kita bawa seperti jaket, tenda, alat penerangan, sleeping bag tidak boleh ketinggalan dalam daftar, karena pendaki tidak sama dengan suporter sepak bola yang bermodalkan nekat saja. hehe.

5. Manajemen perbekalan


Selain perlengkapan, daftar perbekalan juga perlu diperhatikan, apa saja yang Milens butuhkan untuk beberapa hari kita disana. Usahakan perbekalan makanan dilebihkan, Milens. Misalkan perjalanan tiga hari, kita bisa membawa persediaan makanan selama empat hari, karena dikhawatirkan di lapangan terjadi hal yang tidak kita inginkan. Tidak boleh terlalu boros dan tidak juga terlalu hemat, kita harus bisa memanage perbekalan yang kita bawa. Usahakan membawa makanan favorit kita, jangan hanya mie instan saja, karena mie instan bukan makanan pokok yang dianjurkan saat mendaki, usahakan seimbang.

6. Ajak teman satu tim minimal tiga orang


Milens jangan sampai melakukan pendakian seorang diri atau hanya berdua ya. Apalagi untuk pendaki pemula, itu sangat tidak dianjurkan Milens. Pendakian yang ideal, satu tim minimal tiga orang.

7. Jaga kekompakan tim saat melakukan pendakian


Saling membantu antar tim sangat diperlukan, Milens. kita tidak boleh egois. Untuk para pendaki pemula, jangan sungkan atau malu jika merasa lelah, kamu bisa bilang dengan ketua tim untuk melakukan break, jadi jika satu merasakan lelah, semua harus ikut istirahat. Karena mendaki bukanlah soal menaklukan sebuah gunung, namun, tentang menaklukan ego.

Mahameru Putra merupakan penyedia jasa paket tour Gunung Bromo, Tour Banyuwangi Tour Batu dengan harga terjangkau dengan fasilitas yang lengkap.  Bersama kami, Mahameru Putra sobat traveler akan di manjakan di spot - spot terbaik yang ada.
Whatssapp : 083830810611

Blog Post

Related Post

Cari Artikel